http://7terjemah-kitab.blogspot.com/2015/03/muqodimah-kitab-mutamimmah-al-jurumiyah.html

Cara Cepat Hamil

Mohon Bantu Like & share untuk menambah pahala Kita. Amiin...
×

Muqodimah Kitab Mutamimmah Al Jurumiyah

بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل وسلم وببارك على نبينا محمد وآله وصحبه
متممة الأجرومية
لأبي عبد الله محمد بن محمد بن عبد الرحمن الحطاب الرُّعيني


نبده عن الكتاب

المتممة الأجرومية من أكثر المختصرات فائدة في النحو اختصر فيه الرعيني أكثر أبواب الألفية وجعله مقدمة للمطولات في النحو، وفي نظري فإن من أحب أن يحيط بأغلب أبواب النحو في أقل وقت ممكن فعليه بهذا المختصر فهو الشافي الكافي.

Al Mutamimmah Al Jurumiah sebagian besar adalah ringkasan kitab yang berfaedah dalam ilmu nahwu.   Ar ro'iny menghimpun kitab ini dari mayoritas bab-bab Kitab Alfiyah dan ia menjadikannya sebagai penjelas permulaan kitab yang panjang tentang Ilmu Nahwu  dan Ilmu Nadzory.

Sungguh siapa orang yang gemar untuk menghimpun  Bab terpenting dalam Ilmu Nahwu  dalam waktu singkat  maka seseorang membutuhkan ringkasan ini. Dia adalah penyembuh dan yang mencukupi.

يتميز الحطاب رحمه الله بدقة العبارة، يبتعد في الغالب عن القضايا الخلافية ، ويأخذ في أجملها برأي بن مالك. يستشهد كثيراً بالقرآن ونادراً بالحديث النبوي الشريف، وقليلا بالشعر وغالبا ما يذكر  الصدر أو العجز ولا يكمل إلا ناذراً البيت كاملا؛  وعموما فإن المتممة الأجرومية برأي من عيون الكتب العربية في النحو العربي

Al Hathab rahimallah memisahkan penjelaskannya dengan dgn ibaroh mudah di mengerti, dan menjauhi kontroversi yang biasa  terjadi , lalu mengambil secara global melalui pemikiran Ibnu malik .  beliau kebanyakan mengambil contoh kalimat dari Al Quran dan sangat jarang dari hadist Nabawy Al Syariif.  ataupun  dari syair.   Dan biasanya pengambilan tersebut dijelaskan dari bagian yang mendasar atau lemah. maka tidak akan sempurna melainkan adanya yang memberi peringatan pada bait sempurna.

Secara Umum, bahwa kitab al Mutammimah al jurumiyah  di ambil melalui sumber kitab kitab arab dalam grammer (tata bahasa) bahasa arab

بندة عن صاحب الكتاب

هو محمد بن محمد بن عبد الرحمن بن حسين المعروف بالحطاب الرعيني؛ فقيه ، أصولي، أصله من المغرب وولد بمكة عام 902  وتوفي بطرابلس الغرب سنة 954 للهجرة من أهم كتبه ، مواهب الجليل في شرح الشيخ خليل؛ وقرة العين بشرح الورقات إمام الحرمين في الأصول وكتبنا هذا

Beliau adalah Muhammad Ibnu Muhammmad Bin Abdurrahman bin husain yang di kenal dengan Al Alhthob. Al roiny. Faqi isuly, Beliau berasal dari kota maghrib dan dilahirkan di makkah pada tahun 902 hijriyah dan wafat di daerah tripoli bagian barat  pada tahun 954 hijriyah. Adapun kitab kitab yang beliau karang diantaranya : Mawahibul Jaliil Fi Syarhil As-syech  khaliil, Kitab  Qurratul ain syarah kitab waroqot Imam harmain dalam usul usul dan kami mencatat ini.


Comments
0 Comments
 

Jangan Mengklik Iklan Maksiat

Traffic Visitor