http://7terjemah-kitab.blogspot.com/2015/07/bab-murab-dan-mabni-terjemah-alfiyah_22.html

Cara Cepat Hamil

Mohon Bantu Like & share untuk menambah pahala Kita. Amiin...
×

Bab Mu'rab dan Mabni (Terjemah Alfiyah Ibnu Malik)

Pembagian Isim
وَالاسْمُ مِنْهُ مُعْرَبٌ وَمَبْنِي # لِشَبَـــهٍ مِنَ الْحُــرُوْفِ مُدْنِي
Adapun Isim terdiri dari mu’rab dan mabni yg mendekati kemiripan huruf
--------------((O))---------------
Keterangan : dalam bait ini, nampak pembagian Isim. Isim terbagi menjadi 2 bagian, :

  • Mu'rob
  • Mabni

Penertian Isim mu’rob 

       Isim mu’rob adalah isim yang dapat berubah pada akhir lapfadznya disebabkan adanya perbedaan kedudukan (posisi) dalam suatu kalimat.

Contoh:

القَلَمُ جَدِيْدٌ (Pena itu baru)

رايتُ القَلَمَ  (Aku melihat pena itu)
كَتَبْتُ بالقَلَمِ (Aku menulis dengan pena)
       Pada contoh contoh di atas, terlihat perubahan (mu'rob) pada akhir akhir lafadz القَلَمُ (rafa), القَلَمَ (nashab)بالقَلَمِ (khafadh) . terjadi perubahan pada akhir akhir kalimatnya,  maka inlah yang disebut dengan Isim yang Mu'rob 

Adapun Isim mabni adalah lawan dari isim mu'rob

wallahu a'lam bishawab

Pembagian Isim yang semirip Huruf (Syibih Huruf)
كَالْشَّبَهِ الْوَضْعِيِّ فِي اسْمَيْ جِئْتَنَا # وَالْمَعْـنَـــوِيِّ فِي مَتَى وَفِي هُـــــــنَا
Seperti Syibih wadh’iy dalam contoh dua isim  lafadz "Ji’tana" Dan Syibih Ma’nawiy pada lafadz "Mata, dan Huna".
وَكَنِيَابَةٍ عَنِ الْفِعْلِ بِلاَ # تَأَثُّــــرٍ وَكَافْــتِقَارٍ أُصِّلا
Dan Syibih Niyabah (pengganti) dari Fi’il tanpa efek I’rob (Fi’il). Dan keserupaan bangsa Iftiqor/kebutuhan yang dimustikan (yakni, isim maushul musti membutuhkan shilah).

--------------((O))---------------


Keterangan :  Bait ini menjelaskan kepada kita, bahwa isim mabni (atau isim yang harokatnya tidak berubah) mempunyai 4 pembagian, 
  • Syibih wadh’iy (Letak)
  • Syibih Ma’nawiy (makna)
  • Syibih Niabah (pengganti) 
  • Syibih Iftiqary (Kebutuhan)
Syibih wadh’iy (Karena Serupa Letak/ bentuknya) seperti lafadz جِئْتَنَا (*Kamu tlh datang kepada kami).  Untuk mendalami pemahaman Apa itu "Isim Mabni Syibih wadh’iy ? anda  harus fokus pada contoh جِئْتَنَا  seperti yang di contohkan oleh penazham pada bait di atas (* pen)__  

Huruf "Ta " Sering kita fahami merupakan huruf atau mendekati huruf,  Namun pada contoh ini, Huruf "Ta " merupakan ISIM FAIL (Pelaku) dari fiil (kata kerja) جِئْ  yang makna nya berarti "KAMU"  (*)...Inilah yang kita namai  Isim Mabni Syibih wadh’iy atau isim mabni yang menyerupai huruf  (Pen). 

Silahkan anda praktekan untuk menambah pemahaman mendasar tentang Mabni Isim Syibih wadh’iy  pada lafadz yang lainnya. 

Dengan demikian, Ini yang menjadi alasan kenapa isim mabni tidak berubah pada harokatnnya, meskipun ada amil amil yang masuk kepadanya.(pen) 

Sebagaimana yang dijelaskan oleh syeikh bahauddin abdullah bin ibnu 'Aqil al aqily al mishri al hamdzany, dalam syarah ibnu aqil, mengisyaratkan tentang isim mabni terbagi menjadi4 bagian

 شبهه له في الوضع(1 

 شبه الاسم له في المعنى(2)
شبهه له في النيابة عن الفعل (3)
(4) شبه الحرف في الافتقار اللازم
  
Pengertian Isim M’rab
وَمُعْرَبُ الأَسْمَاءِ مَا قَدْ سَلِمَا # مِنْ شَبَهِ الْحَرْفِ كَأَرْضٍ وَسَمَا
Adapun isim isim mu’rab adalah isim yang selamat dari semirip huruf seperti contoh lafadz “ Ardhi (Bumi)" dan lafadz Sama (langit)
وَفِـــعْلُ أَمْرٍ وَمُضِيٍّ بُنِـيَا # وَأَعْرَبُوا مُضَارِعَاً إنْ عَرِيَا
Fi’il Amar dan Fi’il Madhi, keduanya dihukumi Mabni. Dan para Ulama Nahwu  menghukumi Mu’rab pada Fi’il Mudhori’ jika kosong 
مِنْ نُوْنِ تَوْكِيْدٍ مُبَاشِرٍ وَمِنْ # نُوْنِ إنَــاثٍ كَيَرُعْنَ مَنْ فُـــتِنْ
Dari Nun Taukid yang mubasyaroh (bertemu langsung) dan Nun Ta’nits, seperti lafadz: Yaru’na Man Futin.
وَكُلُّ حَـرْفٍ مُسْتَــحِقٌّ لِلْبِنَا # وَالأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَكَّنَا
Semua huruf berhak untuk mabni .   karena pokok mabninya  adalah Sukun.


Keterangan :Pada bait bait ini, para ulama nahwu sepakat  memabnikan fiil madhi dan fiil amar, dan memu'rabkan fiil mudhary  jika kosong dari nun taukid mubasyarah dan nun inats seperti lafadz " يَرُعْنَ مَنْ فُـــتِنْ " (mengejutkan wanita-wanita itu kepada orang yang difitnah)

وَمِنْهُ ذُو فَتْحٍ وَذُو كَسْرٍ وَضَمُّ # كَأَيْنَ أَمْسِ حَيْثُ وَالْسَّــــاكِنُ كَمْ
Sebagian Mabni adalah Mabni berharkat Fathah, Mabni berharkat Kasroh dan Mabni berharkat Dhommah. Seperti lafadz: Aina (fathah), Amsi (kasrah), Haitsu(domah), dan Mabni eharakat Sukun seperti Lafadz Kam.

Alamat I’rab
وَالْرَّفْعَ وَالْنَّصْبَ اجْعَلَنْ إعْرَابَا # لاسْــمٍ وَفِــعْــلٍ نَحْـوُ لَنْ أَهَـــــابَا
Jadikanlah sebagai I’rab Rofa’ dan Nashab untuk Isim dan Fi’il, seperti lafadz Lan Ahaba.
وَالاسْمُ قَدْ خُصِّصَ بِالْجَرِّ كَمَا # قَــدْ خُصِّصَ الْفِعْـلُ بِأَنْ يَنْـجَزِمَا
Adapun isim spesial ber i'rab  Jarr, sebagaimana juga Fi’il  khusus ber I'ra Jazm.

TANDA ASAL I’RAB
فَارْفَعْ بِضَمَ وَانْصِبَنْ فَتْحَاً وَجُرْ # كَسْــــــرَاً كَــذِكْرُ اللَّهِ عَبْــدَهُ يَسُـرْ
Rofa’kanlah olehmu dengan tanda Dhommah, Nashabkanlah! Dengan tanda Fathah, Jarrkanlah! Dengan tanda Kasrah. Seperti lafadz Dzikrullahi ‘Abdahu Yasur.
وَاجْزِمْ بِتَسْكِيْنٍ وَغَيْرُ مَا ذُكِرْ # يَنُــوْبُ نَحْوُ جَا أَخْــو بَنِي نَمِــرْ
Dan Jazmkanlah! Dengan tanda Sukun. Selain tanda-tanda yang telah disebut, merupakan penggantinya. Seperti lafadz: Jaa Akhu Bani Namir.
TANDA I’RAB ASMAUS SITTAH
وَارْفَعْ بِــوَاوٍ وَانْصِبَنَّ بِالأَلِفْ # وَاجْرُرْ بِيَاءٍ مَا مِنَ الأَسْمَا أَصِفْ
Rofa’kanlah dengan Wau, Nashabkanlah dengan Alif, dan Jarrkanlah dengan Ya’, untuk Isim-Isim yang akan aku sifati sebagai berikut (Asmaus Sittah):
مِنْ ذَاكَ ذُو إِنْ صُحْبَةً أَبَانَا # وَالْفَــــــمُ حَيْثُ الْمِيْمُ مِنْهُ بَانَا
Diantara Isim-Isim itu (Asmaus Sittah) adalah Dzu jika difahami bermakna Shahib (yg memiliki), dan Famu sekiranya Huruf mim dihilangkan darinya.
أَبٌ آخٌ حَـــمٌ كَـــذَاكَ وَهَـــنُ # وَالْنَّقْصُ فِي هذَا الأَخِيْرِ أَحْسَنُ
Juga Abun, Akhun, Hamun, demikian juga Hanu. Tapi dii’rab Naqsh untuk yang terakhir ini (Hanu) adalah lebih baik.
وَفِي أَبٍ وَتَـالِيَيْهِ يَنْـــدُرُ # وَقَصْرُهَا مِنْ نَقْصِهِنَّ أَشْهَرُ
Dan untuk Abun berikut yang mengiringinya (Akhun dan Hamun) jarang diri’rab Naqsh, sedangkan dii’rab Qoshr malah lebih masyhur daripada I’rab Naqshnya.
وَشَرْطُ ذَا الإعْرَابِ أَنْ يُضَفْنَ لاَ # لِلْيَــا كَــجَا أَخْــو أَبِيْـــكَ ذَا اعْـــتِلاَ
Syarat I’rab ini (Rafa’ dg wau, Nasha dg Alif, dan Jarr dg Ya’ pada Asmaus Sittah) harus Mudhaf kepada selain Ya’ Mutakallim. Seperti: Jaa Akhu Abiika Dza-’tilaa.
TANDA I’RAB ISIM TATSNIYAH DAN MULHAQNYA
بِالأَلِفِ ارْفَع الْمُثَنَّى وَكِلاَ # إذَا بِمُـــضْمَرٍ مُضَــافَاً وُصِلاَ
Rafa’kanlah! dengan Alif terhadap Isim Mutsanna, juga lafadz Kilaa apabila tersambung langsung dengan Dhomir, dengan menjadi Mudhof.
كِلْتَا كَذَاكَ اثْنَانِ وَاثْنَتَانِ # كَابْنَــيْنِ وَابْنَتَيْــنِ يَجْــرِيَانِ
Juga (Rofa’ dg Alif) lafadz Kiltaa, begitupun juga lafadz Itsnaani dan Itsnataani sama (I’rabnya) dengan lafadz Ibnaini dan Ibnataini keduanya contoh yang dijarrkan.
وَتَخْلُفُ الْيَا فِي جَمِيْعِهَا الأَلِفْ # جَــــرًّا وَنَصْـــبَاً بَعْدَ فَتْـــحٍ قَدْ أُلِفْ
Ya’ menggantikan Alif (tanda Rofa’) pada semua lafadz tsb (Mutsanna dan Mulhaq-mulhaqnya) ketika Jarr dan Nashabnya, terletak setelah harkat Fathah yang tetap dipertahankan.
TANDA I’RAB JAMAK MUDZAKKAR SALIM  DAN MULHAQNYA
وَارْفَعْ بِوَاوٍ وَبِيَا اجْرُرْ وَانْصِبِ # سَــــــــالِمَ جَمْعِ عَــــــــامِرٍ وَمُذْنِبِ
Rofa’kanlah dengan Wau!, Jarrkan dan Nashabkanlah dengan Ya’! terhadap Jamak Mudzakkar Salim dari lafadz “‘Aamir” dan “Mudznib”
وَشِبْهِ ذَيْنِ وَبِهِ عِشْرُوْنَا # وَبَابُـــهُ أُلْحِــقَ وَالأَهْــــلُوْنَا
….dan yang serupa dengan keduanya ini (“Aamir” dan “Mudznib”, pada bait sebelumnya). Dan lafadz “‘Isyruuna dan babnya”, dimulhaqkan kepadanya (I’rab Jamak Mudzakkar Salim). Juga lafadz “Ahluuna”
أوْلُو وَعَالَمُوْنَ عِلِّيّونَا # وَأَرْضُـــوْنَ شَذَّ وَالْسِّـنُوْنَا
Juga lafadz “Uluu, ‘Aalamuuna, ‘Illiyyuuna dan lafazh Aradhuuna adalah contoh yang syadz (paling jauh dari definisi Jamak Mudzakkar Salim). Juga Lafadz “sinuuna….
وَبَابُهُ وَمِثْلَ حِيْنٍ قَـدْ يَرِدْ # ذَا الْبَابُ وَهْوَ عِنْدَ قَوْمٍ يَطَّرِدْ
…dan babnya”. Terkadang Bab ini (bab sinuuna) ditemukan dii’rab semisal lafadz “Hiina” (dii’rab harkat, dengan tetapnya ya’ dan nun) demikian ini ditemukan pada suatu kaum (dari Ahli Nawu atau orang Arab)
وَنُوْنَ مَجْمُوْعٍ وَمَا بِهِ الْتَحَقْ # فَافْــتَحْ وَقَــلَّ مَنْ بِكَــسْرِهِ نَطَــقْ
Fathahkanlah! harakah “Nun”nya Kalimat yang dijamak Mudzakkar Salim dan Mulhaqnya. Ada segelintir orang bercakap-cakap dengan mengkasrahkannya.
وَنُوْنُ مَا ثُنِّيَ وَالْمُلْحَقِ بِهْ # بِعَـــكْسِ ذَاكَ اسْتَعْمَلُوْهُ فَانْتَبِهْ
Adapun “Nun”nya Kalimat yang ditatsniyahkan dan Mulhaqnya, adalah terbalik (Harakah Nun dikasrahkan). Semuanya mengamalkan demikian, maka perhatikanlah!
TANDA I’RAB JAMAK MU’ANNATS SALIM  DAN MULHAQNYA
وَمَا بِتَـــا وَأَلِــفٍ قَــدْ جُمِــعَا # يُكْسَرُ فِي الْجَرِّ وَفِي النَّصْبِ مَعَا
Setiap Kalimah yang dijamak dengan tambahan Alif dan Ta’ (Jamak Muannats Salim) tanda Jarr dan Nashabnya sama dikasrohkan.
كَذَا أُوْلاَتُ وَالَّذِي اسْمَاً قَدْ جُعِلْ # كَــــأَذْرِعَــاتٍ فِــيْهِ ذَا أَيْــضَاً قُــبِلْ
Begitu juga (Dii’rab seperti Jamak Muannats Salim) yaitu lafadz “Ulaatu”. Dan Kalimah yang sungguh dijadikan sebuah nama seperti lafadz “Adri’aatin” (nama tempat di Syam) yang demikian ini juga diberlakukan I’rab seperti Jamak Mu’annats Salim.
TANDA I’RAB ISIM YANG TIDAK MUNSHORIF
وَجُرَّ بِالْفَتْحَةِ مَا لاَ يَنْصَرِفْ # مَا لَمْ يُضَفْ أَوْ يَكُ بَعْدَ أَلْ رَدِفْ
Setiap Isim yang tidak Munshorif dijarrkan dengan Harakah Fathah, selama tidak Mudhof atau tidak jatuh sesudah AL.
TANDA I’RAB AF’ALUL KHOMSAH
وَاجْعَلْ لِنَحْوِ يَفْعَلاَنِ الْنُّوْنَا # رَفْـــعَاً وَتَدْعِــيْنَ وَتَسْـــــأَلُونَا
Jadikanlah! Nun sebagai tanda Rofa’ untuk contoh Kalimah-kalimah yang seperti lafadz يفعلان (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Alif Tatsniyah) dan lafadz  تدعين (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Ya’ Mu’annats Mukhatabah) dan lafadz تسألون (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Wau Jamak).
وَحَذْفُهَا لِلْجَزْمِ وَالْنَّصْبِ سِمَهْ # كَــلَمْ تَكُــــوْنِي لِتَرُوْمِي مَـــظْلَمَهْ
Sedangkan tanda Jazm dan Nashabnya, yaitu dengan membuang Nun. seperti contoh َلمْ تَكُــــوْنِي لِتَرُوْمِي مَـــظْلَمَهْ
TANDA I’RAB ISIM MU’TAL (ISIM MAQSHUR DAN ISIM MANQUSH)
وَسَمِّ مُعْتَلاًّ مِنَ الأَسْمَاءِ مَا # كَالْمُصْطَفَى وَالْمُرْتَقَي مَكَارِمَا
Namailah! Isim Mu’tal, terhadap Isim-Isim yang seperti lafadz الْمُصْطَفَى (Isim yang berakhiran huruf Alif) dan seperti lafadz الْمُرْتَقَي مَكَارِمَا (Isim yang berakhiran huruf Ya’).
فَالأَوَّلُ الإِعْرَابُ فِيْهِ قُدِّرَا # جَمِيْـعُهُ وَهْوَ الَّذِي قَدْ قُصِرَا
Contoh lafadz yang pertama (الْمُصْطَفَى) Semua tanda I’rabnya dikira-kira, itulah yang disebut Isim Maqshur.
وَالْثَّانِ مَنْقُوصٌ وَنَصْبُهُ ظَهَرْ # وَرَفْـعُهُ يُنْــوَى كَذَا أيْضَــــاً يُجَرْ
Contoh lafadz yang kedua (الْمُرْتَقَي) dinamakan Isim Manqush, tanda Nashabnya Zhohir. Tanda Rofa’ dan juga Jarrnya sama dikira-kira.
TANDA I’RAB FI’IL MU’TAL
وَأَيُّ فِعْــلٍ آخِرٌ مِنْهُ أَلِفْ # أوْ وَاوٌ أوْ يَاءٌ فَمُعْتَلاًّ عُرِفْ
Setiap Kalimah Fi’il yang akhirnya huruf illat Alif , Wau atau Ya’, maka dinamakan Fi’il Mu’tal.
فَالأَلِفَ انْوِ فِيْهِ غَيْرَ الْجَزْمِ # وَأَبْـــدِ نَصْبَ مَا كَيَدْعُو يَرْمِي
Kira-kirakanlah! I’rab untuk Kalimah Fi’il yang berakhiran Alif pada selain Jazmnya. Dan Zhohirkanlah! tanda nashab untuk Kalimah Fi’il yang seperti يَدْعُو (Berakhiran huruf Wau) dan يَرْمِي(Berakhiran huruf Ya’)…
والرَّفعَ فيهما انْوِ واحذِفْ جازِمَا # ثــلاثَـــهُنَّ تَقــــضِ حُكمَــا لازِمَــــا
dan kira-kirakanlah! tanda Rofa’ untuk kedua lafadz (يَدْعُو dan يَرْمِي ). Buanglah (huruf-huruf illat itu) jika engkau sebagai orang yang menjazmkan ketiga Kalimah Fi’il Mu’tal tsb, maka berarti engkau memutuskan dengan Hukum yang benar.
Comments
0 Comments
 

Jangan Mengklik Iklan Maksiat

Traffic Visitor