http://7terjemah-kitab.blogspot.com/2015/07/isi-pasal-pasal-kitab-uqudulujain.html

Cara Cepat Hamil

Mohon Bantu Like & share untuk menambah pahala Kita. Amiin...
×

Daftar Isi Kitab Uqudulujain

(الفَصْلُ الأَوَّلُ: فِيْ) بيان (حُقُوْقِ الزَوْجَةِ) الواجبة (عَلَى الزَوْج) وهي حُسْن العِشْرة، ومؤْنةُ الزوجة ومهْرُها، والقَسْم، وتعليمُها ما تحتاج إليه من فروض العبادات وسننها ولو غيرَ مؤكَّدة، ومما يتعلق بالح

يض، ومن وجوب طاعته فيما ليس بمعصية.


Hak Kewajiban Suami Kepada Istri
Pasal pertama tentang hak istri atas suami, yaitu :
  1. (*) Bergaul dgn baik
  2. (*) Membiayai istri
  3. (*) Mahar
  4. (*) Gilir 
  5. (*) Mengajari apa yg ia butuhkan tentang fardlu-fardlu ibadah dan sunah sunahnya meskipun bukan sunah muakkad
  6. (*) Mengajari apa yang berhubungan dgn masalah haidl
  7. (*) Taat kepada suami yg bukan maksiat. 
     (الفَصْلُ الثَّانِيْ: فِيْ) بيان (حُقُوْقِ الزَّوْجِ) الواجبة (عَلَى الزَّوْجَةِ) وهي طاعة الزوج في غير معصية، وحسن المعاشرة، وتسليم نفسها إليه، وملازمة البيت، وصيانة نفسها من أن توطئ فراشه غيره، والإحتجاب عن رؤية أجنبي لشيء من بدنها ولو وجههل وكفيها، إذ النظر إليهما حرام ولو مع انتفاء الشهوة  والفتنة، وترك  مطالبتها له بما فوق الحاجة ولو علمت قدرته عليه، وتعففها عن تناول ما يكسبه من المال الحرام، وعدم كذبها على حيضها وجودا وانقطاعا.


Hak Kewajiban Istri Kepada suami
 Pasal (kedua( tentang hak hak istri atas suami. yaitu 
  1. (*) Taat kepada suami yg  bukan maksiat, 
  2. (*) Bergaul dgn baik, 
  3. (*) Pasrah (taslim) kepada suami, 
  4. (*) Sering dirumah, 
  5. (*) Menjaga dirinya dari memasukan laki-laki lain ke tempat tidurnya, 
  6. (*) Mengutupi badan,wajah dan telapak tangannya) dari penglihatan laki asing, karena melihat keduanya juga hukum-nya haraom ,meskipun tanpa bergelora syahwat dan timbulnya fitnah
  7. (*) Meninggalkan tuntutan kepadanya diatas kemampuanya meskipun ia mengtahui kadar kemampuan suaminya, 
  8. (*) Memelihara dirinya dari yg haram dalam menggunakan harta yang ia usahakan, 
  9. (*) Tdk berbohong saat ia haidl dan sdh selesainya  

     (الفَصْلُ الثَالِثُ: فِيْ) بيان (فَضْلِ صَلاَةِ الْمَرْأَةِ فِيْ بَيْتِهَا وَفِيْ أَنَّهَا) أي صلاة المرأة في بيتها (أَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ). قال صلى الله عليه وسلم: {أَقْرَبُ مَا تَكُوْنُ الْمَرْأَةُ مِنْ وَجْهِ رَبِّهَا إِذَا كَانَتْ فِيْ قَعْرِ بَيْتِهَا وَإِنَّ صَلاَتَهَا فِيْ صُحْنِ دَارِهَا أَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا فِيْ الْمَسْجِدِ، وَصَلاَتَهَا فِيْ بَيْتِهَا أَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا فِيْ صُحْنِ دَارِهَا، وَصَلاَتَهَا فِيْ مُخْدَعِهَا أَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا فِيْ بَيْتِهَا}. والمخدع بضم الميم: بيت في بيت، وذلك للستر.


Deskriptor keutamaan sholat seorang isteri dirumah. 
     Telah dijelaskan oleh pengarang, "bahwa sholat seorang isteri dirumahnya lebih utama dari pada sholat berjama'ah bersama Nabi SAW.

Rosulullah SAW bersabda : :"Kondisi yang paling dekat bagi seorang wanita dengan rabb-Nya yaitu Saat ia berada dalam rumahnya, dan sholat prempuan dirumah lebih utama daripada sholatnya dimesjid, sholat dalam rumahnya lebih baik daripada sholatnya di ruang belakang rumahnya, dan sholat dikamarnya lebih baik daripada sholat dalam ruang rumahnya.

Keterangan : Lafadz "MUKHDA" adalah ruangan yang diperuntukan untuk sholat dan ibadah lainnya. yang demikian untuk menutupi Auratnya)

     الفَصْلُ الرَابِعُ: فِيْ) بيان (حُرْمَةِ نَظَرِ الرَجُلِ إِلَى النِّسَاءِ الأَجْنَبِيَّاتِ وَالْعَكْسِ) أي نظرهن إليه، فما يحرم رؤيته على الرجل يحرم رؤيته على المرأة منه. والمراهق في ذلك كالرجل، فيلزم وليه منعه من النظر إلى الأجنبية، ويلزمها الإحتجاب منه. وكالمرأة في ذلك الأمردُ الجميلُ الوجهِ، كذا في النهاية للشيخ محمد المصري (وَ) في (مَا وَقَعَ فِيْهِ) أي النظر (مِنَ الزَجْرِ) أي المنع من الكتاب والأحاديث.


Hukum Laki Memandang Perempuan
Pengarang menjelaskan keharaman laki laki melihat wanita ajnabiyyah yang bukan mahrom dan begitu pula sebaliknya. Apa yang haram dilihat oleh laki-laki maka haram pula dilihat oleh wanita, Dan murohiq diponis sama dengan laki-laki dewasa.

Maka wajib bagi wali dari anak laki-laki yang sudah murohiq (baligh) untuk melarangnya dari melihat perempuan yang bukan muhrimnya. Demikian juga wajib bagi wali atau orang tua dari anak perempuan yang sudah balighoh untuk memerintahkannya berhijab atau menutupi auratnya dari pandangan laki-lakim yang bukan mahromnya, Seperti yang dituturkan oleh Syeikh Muhammad Mishry dalam kitab Nihayah tentang hukum larangan melihat sesuatu yang telah  di nash oleh al-qur'an dan al-hadits.

     ويحرم على الرجل ولو مجبوبا وخصيا وعنينا ومخنثا وهمًّا نظره إلى أجنبية مشتهاة حتى إلى وجهها وكفيها ظهرا وبطنا، وهو المفتي به، لكن نقل عن الأكثرين حل النظر إلى ذلك. أما نظرُ الرجل إلى زوجته وأمته في حال حياة كلٍّ منهما فجائزٌ ولو مع وجود مانع من الإستمتاع قريب الزوال كحيض ورهن، لكن يكره نظر الفرج حتى من نفسه بلا حاجة، بخلاف المانع البطىء الزوال كأن اعتدت الزوجة عن شبهة، فيحرم النظر إلى ما بين سرّتها وركبتها، دون غيره كالمحارم والأمة المزوّجة. أما النظر لإجل النكاح، فيجوز إلى الوجه والكفين فقط من الحرة، وإلى ما عدا ما بين السرة والركبة من الأمة. ويجوز  النظر إلى الأجنبية في الوجه فقط للشهادة والمعاملة، وإلى الأمة عند شرائها فيما عدا العورة من ظاهر البدن.


Haram bagi laki-laki meskipun ia tidak memiliki dzakar, atau dikebiri atau impoten atau banci, melihat wanita ajnabiyyah yang musytahat (memasuki usia yang batal wudhu dengan menyentuhnya) hingga melihat wajahnya atau dua telapak tangannya, baik bagian luar maupun dalamnya.

Adapun seorang laki-laki memandang isterinya atau budak perempuan-Nya dalam kondisi hidup keduanya maka hukumnya boleh meskipun masih dalam keadaan dilarang untuk istimta'(mengambil kesenangan kepadanya) seperti dalam kondisi haidh.

Namun makruh melihat farji sendiri tanpa ada hajat. Adapun melihat wajah dan kedua telapak tangan wanita merdeka untuk tujuan dinikahi maka diperbolehkan, Namun jika seorang ia seorang budak maka diperbolehkan melihat selain anggota badannya diantara pusar dan  lututnya.

Juga boleh melihat wajah wanita yg bukan mukrim dalam hal yang dibutuhkan untuk menjadi saksi (syahadah) mapun dalam mu'amalah. demikian pula budak prempuan saat hendak menjualnya maka dibolehkan melihat bagian dalam badan.

     ويجوز النظر إلى الأجنبية ومسّها للمداواة في المواضع التي يحتاج إليها ولو فرجا، بشرط حضور من يمنع الخلوة من محرم ونحوه، وبشرط فقد جنس معالج، ويجوز النظر إليها أيضا لتعليم الواجب فقط عليها كما قاله السبكي وغيره، وذلك عند فقد من يعلمها  من المحارم والنساء، قياسا على المداواة، وعند تعسر التعليم من وراء حجاب. ولا يجوز النظر إليها لأجل تعليم المندوب، بخلاف الأمرد، فيجوز النظر إليه لأجله. كذا في شرح النهاية للشيخ المصري على الغاية لأبي شجاع. 


Kondisi Yg Dibolehkan Melihat Wanita
       Boleh melihat wanita yg bukan muhrim dalam keperluan pengobatan, pada anggota badan yang sedang di obati sekalipun itu farji-Nya dengan syarat dihadiri mahromnya dan tidak ada dokter perempuan.  Boleh hukumnya melihat Ajnabiyyah dalam keperluan mengajarkan perkara-perkara yang wajib menurut agama. 

hal ini dituturkan oleh Imam Subki dan yang lainnya. Dan kebolehan melihat ajnabiyyah yang sedang diajari perkara perkara wajib, jika memang tidak ada yang mengajarinya baik mahrom ajnabiyah tadi atau tidak ada ustadzah.  hal ini diqiyaskan dalam hal pengobatan,dan jika ditemukan kesulitan-kesulitan dalam belajar ketika dipasang hijab atau sutroh.

Tidak diperbolehkan melihat ajnabiyyah jika yang diajarkan-Nya adalah masalah masalah sunah, berbeda dengan amrod, maka boleh melihat amrod  ketika menyampaikan perkara yang sunah.

Demikianlah hukum yang dijelaskan oleh syeik Mishri dalam kitab Nihayah mensyarahi Al-ghoyah karangan Abi syuja'

Comments
0 Comments
 

Jangan Mengklik Iklan Maksiat

Traffic Visitor