http://7terjemah-kitab.blogspot.com/2015/08/hadits-tentang-pemimpin-terjemah.html

Cara Cepat Hamil

Mohon Bantu Like & share untuk menambah pahala Kita. Amiin...
×

Tafsir Hadits Tentang Pemimpin - Terjemah Uqudulujain

Hadits Tentang Kepemimpinan  
      (وَعَنْ) سيدنا عبد الله  (ابْنِ عُمَرَ) رضي الله عنهما  (عَنِ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: كُلُّكُمْ رَاعٍ) أي حافظ مؤتمن ملتزم لصلاح ما ائتمن على حفظه، فهو مطلوب بالعدل فيه، والقيام بمصالحه  (وَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ) في الآخرة، فإن وفى ما عليه من الرعاية حصل له الحظ الأوفر، وإلا طالبه كل أحد منهم بحقه في الآخرة  (فَالإِمَامُ) الأعظم أو نائبه  (رَاعٍ) فهو ولي عليهم  (وَ) هو  (مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ) هل راعى حقوقهم أوْلا ؟  (وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ) أي زوجته وغيرها  (وَ) هو  (مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ) هل وفاهم حقوقهم، من كسوة ونفقة وغيرهما كحسن عِشْرةٍ  أوْلا ؟  (وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا) بحسن تدبير المعيشة، والنُصْح له، والشفقة، والأمانة، وحفظ نفسها، وماله وأطفاله  (وَ) هي  (مَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا) هل قامت بما عليها أوْلا ؟  (وَالْخَادِمُ رَاعٍ فِي مَالِ سَيِّدِهِ) بحفظه، والقيام بمصالحه  (وَ) هو  (مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ) هل وفى بما عليه أوْلا ؟  (وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي مَالِ أَبِيهِ) بحفظه وتدبير مصلحته  (وَ) هو  (مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ) هل وفى بذلك أوْلا ؟  (فَكُلُّكُمْ رَاعٍ، وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه) والفاء جواب شرط محذوف. ودخل في هذا العمومِ المنفردُ الذي لا زوج له ولا خادم، فإنه يصدق عليه أنه راعٍ في جوارحه، حتى يعمل المأمورات، ويجتنب المنهيات. رواه الإمام أحمد والبخاري ومسلم وأبوداود والترمذ
Tanggung-jawab Kepemimpinan
       Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, Dari nabi SAW beliau bersabda : Setiap kalian adalah gembala,dan akan ditanya tentang gembalaannya diakhirat,jika ia melaksanakan dan memelihara apa yang jadi tanggung jawabnya maka ia akan memperoleh bagian yang sempurna (ganjaran disisi Allah),Dan jika sebaliknya,maka ia akan dituntut oleh satu persatu gembalaannya akan hak-haknya.
Seorang Imam atau pemimpin (dan atau wakilnya) adalah gembala bagi yang dipimpinnya,ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya,Dan seorang laki-laki (suami) adalah gembala bagi ahlinya (isteri,anak,hamba sahayanya dll) ia akan dimintai pertanggung jawabannya atas mereka ,apakah ia memenuhi hak-hak mereka atau tidak ? seperti pakaian dan nafaqoh dan selainnya seperti apakah menggauli mereka dengan baik atau tidak ? Dan seorang Isteri akan ditanya soal tanggung jawabnya mengurus rumah suaminya (dalam mengurus rumah tangga,dan memberikan saran kepada suaminya,dan lemah lembut, amanat,dan menjaga atau memelihara dirinya dan harta suaminya dan anak-anaknya) Dan ia 9isteri) akan dimintai pertanggung jawaban akan apa yang menjadi tanggung jawabnya,apakah ia menjalankannya atau tidak ?,Dan seorang laki-laki akan ditanya tentang harta bapaknya (apakah harta tersebut ditashorufkan kepad hal yang maslahat atau tidak ?
Maka setiap dari kalian adalah penggemban tanggung jawab,maka akan dimintai pertanggung jawaban. Dan masuk dalam kategori umum ini(laki-laki yang mempunyai anak dan isteri) yaitu laki-laki yang menyendiri (belum menikah,dan tidak mempunyai khodim) mereka akan dimintai pertanggung jawaban akan seluruh anggota tubuhnya,apakah dibawa dalam melaksanakan ibadah atau dibawa dalam melakukan ma'shiyat.


Lanjutkan Baca 1  2  3  4  5  6  7  8  9  

Comments
0 Comments
 

Jangan Mengklik Iklan Maksiat

Traffic Visitor